Rabu, 09 Desember 2020

Jip Willys Lava Tour, Siap Jelajahi Medan Ekstrem Gunung Merapi

jeep merapi lava tour

Jip Willys Gunung Merapi menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin menikmati destinasi wisata kawasan kaki gunung merapi. Saat ini kawasan tersebut menjadi salah satu kawasan wisata yang ditawarkan oleh penduduk lokal setempat. Sejarah mengenai letusan serta sisa kekuatan gunung Merapi dapat dikunjungi dengan menggunakan mobil klasik jeep Willys yang memiliki mesin besar dan bodi yang tangguh.

Kondisi jalan yang menanjak dan cukup terjal menjadi keunikan tersendiri yang ditawarkan ketika anda menjelajah kaki Gunung Merapi. Oleh sebab itu, anda perlu mobil dengan penggerak empat roda yang banyak ditawarkan pada mobil jeep. Supaya anda bisa menerapkan segala medan dengan cukup mudah.

Mengenal Jip Willys Gunung Merapi

Tahukah anda? di tahun 1945 telah menjadi salah satu jenis mobil yang populer. Jeep Willys menjadi jenis mobil populer di dunia kala itu. Saat itu mobil keluarga, city car, atau sedan belum terpikirkan. Justru kendaraan offroad ini yang sudah meluncur dan meraih kepopulerannya.

Nama resmi mobil ini adalah Willys Overland CJ-2A. Sebab di masa tersebut Willys Overland merupakan manufaktur yang menciptakan CJ sebelum Willys terlahir. Willys adalah kendaraan dengan penggerak 4 x 4 yang telah diproduksi pertama massal di dunia. Mobil ini adalah pengembangan CJ1 dan CJ2 yang sering dipakai sebagai kendaraan militer pada waktu Perang Dunia 2.

sewa jeep wisata gunung bromo
Jip Wisata Gunung Merapi - Silahkan klik pada photo untuk informasi detail tentang sewa Jip Willys untuk Wisata ke Gunung Merapi

Saat itu yang bisa mengimbangi ketangguhan serta popularitas Willys saat berada di medan perang adalah Volkswagen Beetle. Willys telah membenahi dan mengembangkanSUV kompak tersebut agar bisa lebih nyaman dipakai sebagai kendaraan harian. Willys CJ adalah cikal bakal mobil Jeep Wrangler yang saat ini masih menjadi model andalan jip.

Di indonesia sendiri mobil jeep sangat populer serta digemari kalangan pecinta offroad. Ketangguhan dan wajah yang maskulin dari mobil jeep ini menjadikannya pilihan untuk digunakan sebagai tunggangan sehari-hari. Atau dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan jiwa petualangan. Seperti Jip Willys Gunung Merapi yang banyak dipilih pecinta wisata offroad saat berkunjung ke Merapi.

Sebutan AGRI JEEP

Willys CJ pada masanya dipasarkan secara retail seharga 1000 dolar. Reliabilitas dan keunggulannya ketika itu sangat populer. Ini menjadikannya sebagai salah satu merek nenek moyang dari semua kendaraan 4 x 4 yang ada hingga saat ini.

Disamping menjadi kendaraan militer Willys CJ2A juga mendapat julukan Agree Jeep atau Jeep agricultural. Ini karena utilitas Willys menjadikannya handal dipakai sebagai kendaraan untuk kebutuhan perkebunan khususnya konsumen Amerika Serikat.

Memiliki kombinasi bodi yang cukup kompak, dilengkapi dengan chassis ringan serta penggerak 4x4 akan sempurna dalam memenuhi kebutuhan petani dan peternak di perkebunan saat itu. Disamping itu, sektor industri juga banyak yang memilih jip yang satu ini sebagai kendaraan kepercayaan mereka.

Konfigurasi CJ2A memiliki banyak opsi untuk pemberian fitur tambahan. Mulai dari kursi penumpang depan, kursi belakang atap kanvas hingga spion tengah. Jika dilihat dari sisi teknis, maka ada Power Take off bagian depan dan belakang. Lift hidrolik, belt pulley, dual vacuum wiper, suspensi heavy duty dan masih banyak lagi lainnya.

Pilihan Warna

Jika kita lihat, saat ini Jip Willys Gunung Merapi yang tersedia untuk para wisatawan memiliki banyak pilihan warna. Ternyata ini memang bawaan sejak dulu. Selama diproduksi dari tahun 1945 hingga 1949, CJ 2A ini hadir dengan membawa mesin andalan L134 Go Devil empat silinder. Mesinnya memiliki kapasitas mesin 2,2 liter.

Mesin ini telah dikombinasikan dengan transmisi baru yaitu T-90 manual speed. Jika dibandingkan dengan Jeep saat ini, memang itu masih sangat sederhana. Pasalnya mesin yang digunakan V6 atau V8. Transmisi yang dibawa pun sampai 9 percepatan.

Saat awal produksi, ada dua opsi warna yang disediakan oleh mobil ini. Yang pertama yaitu kombinasi Harvest Tan dan Sunset Red serta Pasture Green dengan Autumn Yellow di bagian velg.

Kedua opsi warna ini memberikan makna janji dan harapan bagi Amerika setelah perang. Namun sejak tahun 1946, muncul berbagai pilihan warna baru yang hadir dengan berbagai kombinasi menarik.

Tak berhenti sampai disitu, berbagai macam ubahan dan pengembangan juga dilakukan oleh Willys terhadap CJ2A. Hingga akhirnya berhenti produksi kemudian diteruskan oleh CJ 3A di tahun 1949.

Popularitas yang dimiliki oleh CJ 2A menjadikannya bisa terus bertahan hingga sekarang. Hingga berganti nama menjadi Jeep Wrangler. Sedangkan gaya desain dan elemen Jeep Willys juga masih terus dipertahankan sampai saat ini.

Jeep Untuk Wisata Offroad Gunung Merapi

Di Indonesia salah satu model jeep yang banyak ditawarkan ke dalam paket wisata offroad di kawasan merapi adalah Jip Willys Gunung Merapi. Memiliki kemampuan mesin yang diperkuat dengan tenaga besar serta penggerak di seluruh rodanya. Bisa dipastikan mobil ini bisa melewati medan yang ekstrim sekalipun.

Saat ini Jeep sudah menjadi SUV yang menghadirkan penawaran karakter yang gagah. Selain itu juga memiliki desain yang tak pernah lekang oleh zaman. Bisa dilihat dan kita perhatikan bahwa model jeep klasik sampai dengan yang paling modern tak banyak yang berubah. Khususnya pada bagian fasia depan.

Tampilan bagian depan mobil ini selalu berbentuk kotak. Dilengkapi dengan Grill vertical. Sehingga memberikan karakter yang identik dengan kokoh juga gagah. Selain itu, lampu bulat dengan tambahan ruang grill besar sekarang ini masih dipertahankan oleh produsen Chrysler group bagi jeep dengan tampilan modern.

Spesifikasi Jip Willys yang Dibawa

Seperti yang sudah diulas sedikit di awal. Nyatanya jip Willys Gunung Merapi memang masih jadi pilihan menarik untuk pecinta offroad di kawasan Merapi. Bila kita lihat, tentu saja spesifikasi yang dibawanya pasti sangat tangguh.

Kita tahu bahwa Jeep dikenal sebagai kendaraan yang bukan cuma memiliki penampilan yang gagah. Tetapi juga memiliki konfigurasi besar V6 dengan kapasitas 3,6 liter yang bisa menghasilkan tenaga sampai dengan 60 hp dan torsi 142Nm.

Selain itu, mobil ini juga terkenal dengan kekuatan yang telah dibuktikan oleh para kolektor. Sebab di dalam pengembangannya, material utama yang dipakai dalam pembuatan mobil ini memakai besi.

Besi sebagai material utama bukan cuma untuk membuat bagian mobil saja. Tetapi berbagai perangkat mesin yang dulu juga telah menggunakan material besi sebagai bahan utamanya. Oleh sebab itu, sampai saat ini masih banyak Jeep Willys yang memiliki body serta kemampuan mesin yang durabilitynya tak perlu diragukan lagi. Walaupun usianya sudah puluhan tahun, namun performanya masih tetap sangar.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apakah populasi mobil jeep ini masih banyak atau tidak di Indonesia. Namun jip Willys sendiri membuktikan bahwa mobil yang satu ini memang punya ketangguhan tersendiri untuk melibas medan jalan yang ekstrim.

Anda bisa menikmati wisata Merapi lava tour yang mengasyikkan dan pastinya menantang. Anda bisa melihat indahnya wisata alam dan menyusuri sisa erupsi Merapi dengan mobil Jip Willys Gunung Merapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jeep Wisata Gunung dan Fun Off Road