Sabtu, 15 September 2018

Paralayang Gunung Banyak: Melihat Batu dari Sudut Pandang Mata Elang

terbang tinggi diatas kota batu dengan paralayang dari gunung banyakParalayang Gunung Banyak, Kota Batu, cara unik menikmati kota Batu dari ketinggian layaknya burung Elang bukan hal yang gak mungkin dilakukan, khususnya dari ketinggian 1340 mdpl puncak Gunung Banyak, Batu. Karena dari sinilah, Puncak Paralayang Gunung Banyak telah dibuka wisata Paralayang untuk umum dan semua kalangan, tanpa syarat kemampuan senagai pilot paralayang. Begitu datang dan langsung terbang  melayang berputar diatas kota Batu dengan cara tandem, kita akan dipandu pilot profesional yang memegang lisensi resmi di aktivitas paralayang Indonesia.
Paralayang adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan parasut khusus berbentuk sayap. Tanpa mesin dan pesawat terbang, hanya menggunakan dorongan kaki untuk lepas landas
IDR 400K/orang
(sekali melayang untuk satu orang)
DETAIL PAKET | PESAN SEKARANG
melayang tandem paralayang gunung banyak batu
Terbang Tandem, begitu datang langsung bisa terbang tanpa training dan pelatihan khusus. Didampingi oleh instruktur atau pilot paralayang berpengalaman dengan cara digendong. Cara asik menikmati kota Batu layaknya burung.

Gunung Banyak dan Paralayang di Kota Batu

Gunung Banyak, adalah dataran tinggi yang berada di wilayah Songgokerto, Batu, Jawa Timur dengan ketinggian 1.315 mdpl (meter diatas permukaan laut) cukup tinggi untuk melihat suasana kota Batu dan lepas tanpa halangan kecuali saat cuaca tidak berkenan. Gunung Banyak dan Kota Batu kini dikenal sebagai khalayak sebagai pusat kegiatan Paralayang no satu di Indonesia. Kondisi alam indah inilah yang kemudian disebut-sebut dan menjadikan medan paralayang Gunung Banyak mendapat predikat bintang empat atau mewah.

paket tandem paralayang atau paragliding

Di Indonesia jarang ditemukan medan yang layak untuk aktivitas Paralayang dengan kondisi serupa di Gunung Banyak, Batu. Disini semuanya terpenuhi, dari sisi pemangandan semuanya menarik, dan juga lokasinya mudah dijangkau tidak terlalu jauh dari pusat kota Batu. Fasilitas pendukungnya juga memadai, dari penginapan dan kendaraan umum. Satu lagi yang menjadi unsur penting adalah kondisi angin. Angin di daerah pegunungan di perbatasan antara Kota Batu dan Kabupaten Malang itu umumnya bertipe laminar atau konstan.

paralayang batu nomor satu di indonesia
Selama 10 menit Paralayang di Batu,  Anda akan dibawa melayang dan berputar sekitar area Gunung Banyak. Pemandangan yang indah hutan, gunung dan kebun hijau inilah yang menjadikan Gunung Banyak menyandang predikat Bintang Empat atau  mewah. Didukung dengan fasilitas penunjang yang memadai di kota Batu
Gunung Banyak, dari arah utara akan terlihat Gunung Welirang dan di selatan terlihat Gunung Panderman, bahkan jika cuaca cerah, puncak Mahameru Gunung Semeru dapat terlihat pula di kejauhan.

Pengen Paralayang?, Jangan Pilih Musim Penghujan

Jauh sebelum Gunung Banyak menjadi lokasi andalan khususnya bagi para atlit paralayang Jawa Timur, sebelumnya pernah dicoba mengudara belasan kali dari Ringin Kembar, yang jaraknya 2 km dari Gunung Banyak, juga sebelumnya pernah di area Coban Rondo yang berjarak 1 km sisi selatan Gunung Banyak. Namun yang paling cocok adalah area lepas landas di Gunung Banyak, termasuk tempat pendaratannya ideal di area persawahan Songgoriti Batu. Lokasi pendaratan sempat berubah dua kali sebelumnya sehingga pada tempat saat ini yang berjarak 350 meter dari puncak Gunung Banyak.

Berawal dari keperluan untuk kegiatan Pekan Olah Raga Nasional (PON XV), akhirnya Gunung Banyak berkembang dari kebutuhan untuk para atlit paralayang menjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan yang pengen mencoba menikmati sensasi terbang dan menikmati kota Batu layaknya burung elang yang mengawasi mangsanya.

landasan mendarat untuk tandem paragliding batu atau paralayang gunung banyak

Meski dengan syarat lokasi yang terbaik untuk aktivitas paragliding atau paralayang di Gunung Banyak, bukan berarti aktivitas terbang melayang ini tanpa hambatan. Disamping kondisi angin yang memadai, hambatan lain adalah hujan. Dalam situasi tertentu aktivitas paralayang akan dihentikan sementara hingga cuaca layak untuk terbang kembali. Waktu yang paling pas dan terbaik sekitar bulan Juni hingga Oktober, disaat musim kemarau disamping tanpa hambatan untuk terbang, pemandangan saat pagi terlihat lebih cantik.

Berapa Biaya Paralayang di Gunung Banyak Batu?

Bagi anda yang merasa tertantang untuk melakukan olahraga tidak biasa, tertantang untuk merasakan sensasi terbang seperti elang ditengah awan. ataupun yang ingin menikmati pemandangan kota Batu dari sudut yang berbeda juga ingin memiliki foto-foto yang lain daripada yang lain. Saat yang tepat untuk memilih paket tandem paralayang di Gunung Banyak Batu.

Paket Paralayang Harga Paket
Paralayang Basic Rp. 400K
Paralayang Standart Rp. 550K
*harga per-orang untuk sekali kegiatan paralayang

Semua pilot tandem telah memiliki sertifikasi Tandem Master yang dikeluarkan oleh otoritas paralayang di Indonesia (PLGI – Persatuan Layang Gantung Indonesia) dan diakui oleh badan olahraga udara internasional (FAI). Kami mengutamakan kenyamanan dan keinginan klien. Artinya, kami bisa terbang sesuai keinginan klien. Antara terbang nyaman untuk menikmati sunset, atau sedikit radikal bagi yang menginginkan adrenalin tambahan, dengan manuver-manuver spiral atau wing over, jika memang Anda ingin menguji derasnya adrenalin ditubuhmu.

Tiket Masuk Kawasan Wisata Paralayang Gunung Banyak

  • Weekend Rp 15.000/orang
  • Weekday Rp 10.000/orang
  • Parkir Sepeda Motor Rp 5000/kendaraan
  • Parkir Mobil Rp 20.000/mobil

Video Paralayang Gunung Banyak Kota Batu




Lokasi Wisata Paralayang dari Alun-alun Kota Batu


Sewa Jeep Wisata dan Off Road Indonesia